Header Ads

Pasar Terbesar Di Sebatik Hampir Rampung

Plang Anggaran Pasar Binalawan
SEBATIK – Pembangunan Pasar Binalawan yang beralamat di Jalan Perintis RT. 01 Desa Binalawan, Kecamatan Sebatik Barat, Pulau Sebatik, Provinsi Kalimantan Utara terus dilakukan. Pembangunan pasar ini dengan nomor kontrak 164/DISPERINDAGKOP-UMKM/IV2015 dan tanggal kontrak 30 April 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp 1.599.018.500,- dengan sumber dana APBD II.

Pembangunan pasar ini masuk dalam Program Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) Kalimantan Utara Tahun 2015 yang diresmikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno saat berkujung ke Kacamatan Sebatik Barat yang merupakan salah satu kecamatan yang berbatasan langsung dengan Malaysia (Senin,15/06/2015). 

Dalam peresmian Gerbangdutas, Menkopolhukam didampingi Penjabat Gubernur Kalimantan Utara Triyono Budi Sasongko, Pangdam IV Mulawarman Mayor Jenderal TNI Benny Indra Pujihastono, Deputi Bidang Koordinator Pertahanan Negara Halomoan Sipahutar, Bupati Nunukan Basri serta Bupati Malinau Yansen TP.

Pada umumnya masyarakat Perbatasan Sebatik menggunakan jalan raya sebagai pasar untuk melakukan transaksi jual beli sehingga menggangu para pengguna jalan raya dan sebagian juga warga memilih untuk menjual hasil pertanian, perkebunan, perikanan dan laut ke Tawau (Malaysia).
Bangunan Pasar Binalawan sudah selesai kecuali pating blok dan jalan menuju pasar yang belum selesai. Para pedangan yang berjualan di jalan raya Desa Binalawan akan direlokasi ke pasar yang baru.” Ujar Kepala Desa Binalawan Tarman (Rabu, 20/01/2016).

Pasar Binalawan merupakan pasar terbesar di Pulau Sebatik dengan jumlah 135 kios dan setiap kios memiliki ukuran petak 2,5 Meter x 3 Meter. Pasar ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat serta mampu memenuhi kebutuhan warga di perbatasan. (Fy)

1 comment:

  1. Dengan berdirinya pasar Binalawan akan mendorong perputaran perekonomian di Sebatik semakin meningkat. Secara langsung dan tidak langsung masyarakat akan lebih mudah dalam pemenuhan kebutuhan sehari - hari

    ReplyDelete

Powered by Blogger.