Header Ads

PULAU INDONESIA RASA MALAYSIA

GAMBAR : SEPTI TRIYANI
Kehidupan bagi kami bukanlah impian masa kecil namun karena orang tua kami sebagai perantau mengharuskan kami merasakan dinamika kehidupan di perbatasan, pendidikan yang terabaikan, pernikahan usia dini, bahkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbatas.

Jika dibandingkan dengan negar tetangga, pulau Sebatik sangat tertinggal jauh dari kualitas maupun kuantitas. Pemerintah Malaysia sangat mendukung pengembangan SDM yang mereka miliki, sedangkan Sebatik ibarat pelarian dari TKI–TKI yang dibayar murah bagi negara tetangga karena SDM yang kurang.

Sebagai contoh kecil tenaga pengajar dan para pekerja di isntansi yang ada di Sebatik di dominasi oleh orang–orang luar daerah. Masih minimnya SDM Sebatik sehingga ada terjadi satu tenaga pengajar harus mengajar 1 sampai 3 kelas.

Saya sendiri merasakan sangat miris ketika menginjakkan kaki pertama kali di Yogjakarta. Melihat wadah untuk mengembangkan SDM sangat mudah didapatkan, sedangkan kami diperbatasan Sebatik sangat kesulitan bahkan untuk membaca sebuah buku saja kami harus memesan dari perkotaaan yang membutuhkan waktu beberapa hari.

Dengan adanya kami disini melalui Forum Mahasiswa Sebatik (FORMAS), kami ingin membuktikan bahwa kami akan memajukan Sebatik dengan ilmu yang kami dapatkan di Yogjakarta. Keterbatasan daerah kami bukanlah sebuah hambatan untuk kami bermimpi besar tentang Sebatik tapi itu kami anggap sebagai sebuah tantangan untuk membangun negeri kecil kami yang katanya Indonesia tetapi rasa Malaysia.


PENULIS : SEPTI TRIYANI (MAHASISWA SEBATIK DI YOGYAKART)

4 comments:

  1. sukses semoga bermanfaat, pasti bisa !!!

    ReplyDelete
  2. Dearest Esteems,

    We are Offering best Global Financial Service rendered to the general public with maximum satisfaction,maximum risk free. Do not miss this opportunity. Join the most trusted financial institution and secure a legitimate financial empowerment to add meaning to your life/business.

    Contact Dr. James Eric Firm via
    Email: fastloanoffer34@gmail.com
    Best Regards,
    Dr. James Eric.
    Executive Investment
    Consultant./Mediator/Facilitator

    ReplyDelete
  3. My name is Mrs.Aisha Mohamed, am a Citizen Of Qatar.Have you been looking for a loan?Do you need an urgent personal loan or business loan?contact Dr James Eric Finance Home he help me with a loan of $42,000 some days ago after been scammed of $2,800 from a woman claiming to been a loan lender but i thank God today that i got my loan worth $42,000.Feel free to contact the company for a genuine financial service. Email:(financialserviceoffer876@gmail.com) call/whats-App Contact Number +918929509036

    ReplyDelete
  4. SAYA MENGHARGAI ANDA SEMUA DI HALAMAN INI
    INI ADALAH CERITAKU

    Saya MURNI SANTI, wanita Aa, ibu, saudara perempuan dan teman dari (Bekasi), Indonesia, saya seorang MANAJER ESTATE NYATA dan saya telah mengalami banyak tekanan keuangan baru-baru ini, tidak ada yang mau meminjam uang kepada kami untuk menyelesaikan proyek komersial kami yang telah dalam konstruksi beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa perusahaan pinjaman palsu yang mengklaim sejumlah besar uang dari saya tanpa kami tidak menerima pinjaman.

    Saya merasa frustrasi, suami saya mencoba yang terbaik dan membantu, saya akan bunuh diri karena rasa sakit, itu terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan semua harapan, sampai saya diperkenalkan kepada SEMUA PINJAMAN HUTAN GLOBAL sebuah perusahaan pinjaman yang disponsori oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dan menghubungi perusahaan, petugas pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan mengatakan kepada saya tidak khawatir bahwa perusahaan akan meminjamkan uang kepada saya, bahkan ketika jumlah yang saya butuhkan sangat besar, dan semua yang saya bisa berikan kepada mereka persyaratan yang merupakan informasi pribadi, yang saya lakukan.

    Saya telah melalui semua proses, mereka berjanji untuk meminjamkan uang yang saya minta setelah mengkonfirmasi saya memenuhi syarat untuk pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang paling mengejutkan adalah pinjaman dimasukkan ke dalam akun saya dan saya mengkonfirmasinya .. Kami perusahaan kembali secara finansial dan keluarga saya baik-baik saja, ini membuat hidup saya lebih baik, saya berterima kasih kepada Allah dan kepada SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI KU
    Murni Santi
    murnisanti55@gmail.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.