Header Ads

MILIARAN RUPIAH UANG WARGA PULAU SEBATIK BEREDAR DI MALAYSIA

GAMBAR : Kondisi Pelabuhan Sebatik sangat memprihatikan
SEBATIK – Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa dominansi perekonomian di kawasan perbatasan Pulau Sebatik masih dikuasai masyarakat Tawau, Malasya. Kota Tawau merupakan salah satu kota terbesar di negara bagian Sabah Malaysia yang menjadi tempat jual beli antar warga Pulau Sebatik dengan warga Kota Tawau. Kondisi ini membuat kecenderungan warga Pulau Sebatik kurang berdaya dalam membangun ekonominya sendiri.

Hampir semua akses sosial yang berdampak pada ekonomi dikendalikan orang Tawau  yang memiliki modal besar. Masih terbatasnya sarana dan prasarana penunjang ekonomi dapat menghambat dan mempersulit warga Pulau Sebatik untuk memperoleh akses ekonomi di Pulau Sebatik, seperti sarana jalan, imigrasi, pasar, pelabuhan yang layak, dan rumah sakit.

Letak geografis Pulau Sebatik yang sulit dijangkau dengan alat transportasi dengan daerah lain di Indonesia menjadi pilihan warga Pulau Sebatik untuk melakukan hubungan perdangangan dengan negara tetangga Malaysia (Kota Tawau). Kegiatan perdagangan antara Pulau Sebatik dengan Kota Tawau sudah lama terjadi meskipun hubungan pusat antara Jakarta dengan Kuala Lumpur mengalami pasang surut.

Salah satu tokoh masyarakat Sebatik H. Herman mengatakan bahwa arus lintas batas dari Pulau Sebatik ke Kota Tawau yang meningkat menjadikan angka ketergantungan barang-barang dari negara Malaysia cukup tinggi seperti barang kebutuhan pokok.

“Miliaran rupiah uang warga Sebatik beredar di Kota Tawau (Malaysia) akibat ketergantungan dari Malaysia. Kita berharap agar DOB Kota Sebatik segera terbentuk karena Pulau Sebatik merupakan daerah KSN (Kawasan Strategis Nasional),” Ujarnya (22/5).

Kemudian, ia menambahkan bahwa hampir semua hasil pertanian, perkebunan, laut, dan perikanan warga Pulau Sebatik dijual ke Malaysia.

“Lahan kebun kelapa sawit di Pulau Sebatik hampir 21.000 hektar dan itu diekspor ke Kota Tawau,” Ungkapnya.

Status kecamatan yang kini disandang Pulau Sebatik tak berdaya menyeimbangi Kota Tawau yang menjadi magnet kehidupan warga Pulau Sebatik. DOB Kota Sebatik adalah solusi untuk perubahan. (Naufal)

5 comments:

  1. Pernah punya cerita buruk di jembatan ini..selalu bermimpi, sebatik jauh lebih baik

    ReplyDelete
  2. Very descriptive post, I enjoyed that a lot. Will there be a part 2? yahoo email login

    ReplyDelete
  3. Dearest Esteems,

    We are Offering best Global Financial Service rendered to the general public with maximum satisfaction,maximum risk free. Do not miss this opportunity. Join the most trusted financial institution and secure a legitimate financial empowerment to add meaning to your life/business.

    Contact Dr. James Eric Firm via
    Email: fastloanoffer34@gmail.com
    Best Regards,
    Dr. James Eric.
    Executive Investment
    Consultant./Mediator/Facilitator

    ReplyDelete
  4. nama.jurjanbude.
    negara:indonesia
    jenis kelamin.:pria
    pekerjaan.:::::bisnis
    WhatsApp.(*(*)*)* +447723553516
    Daftar Sekarang :(aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    DAFTAR SEKARANG:info@aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
    situs web ::: https: //www.aasimahaadilaahmed.loanfirm.site

    BAGAIMANA CARA MENGETAHUI KREDIT PINJAMAN YANG PALSU
    Peminjam palsu tidak perlu meminta jaminan dan tidak ada situs web.Peminjam palsu tidak memiliki sertifikat bisnis. Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk pinjaman.Peminjam palsu tidak menggunakan gmail, tidak ada domine.Peminjam palsu tidak memiliki alamat kantor fisik.Pemberi pinjaman palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya trans.AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM adalah pemberi pinjaman uang yang sah dan memiliki reputasi baik. Mereka meminjamkan uang kepada perusahaan besar dan pabrik yang membutuhkan dukungan keuangan, mereka memberikan pinjaman kepada orang-orang yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan mereka untuk berinvestasi dalam bisnis. Jadi, apakah Anda mencari pinjaman mendesak? Anda tidak perlu khawatir karena Anda berada di tempat yang tepat kami menawarkan pinjaman dengan suku bunga rendah 1% jadi jika Anda membutuhkan pinjaman.saya mendapat pinjaman 2 miliar untuk membayar hutang saya dan melakukan bisnis saya. mohon, berhati-hatilah di sini di blog ini, jangan mencari pinjaman dari pemberi pinjaman yang tidak memiliki situs web yang diverifikasi. Saya akan menipu 3 kali oleh pemberi pinjaman palsu. semoga allah membantu Anda.
    Email;jurjanibude0811@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Nama: __ Hendi Zikri Didi
    Bandar: _______________ Melacca
    pekerjaan: _ Pemilik perniagaan
    Sebarang notis: ____ hendidi01@gmail.com

    Halo semua, sila berhati-hati tentang mendapatkan pinjaman di sini, saya mempunyai banyak peminjam palsu di internet, saya telah ditipu saya hampir berputus asa, sehingga saya bertemu seorang teman yang baru saja memohon pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada legitamate AASIMAHA ADILA AHMED LOIR FIRM, saya memohon Rm1.3 juta. Saya mempunyai pinjaman saya kurang dari 2 jam hanya 1% tanpa cagaran. Saya sangat gembira kerana saya diselamatkan daripada mendapatkan hutang miskin. jadi saya nasihat semua orang di sini memerlukan pinjaman untuk menghubungi AASIMAHA dan saya memberi jaminan bahawa anda akan mendapat pinjaman anda.

    Pusat Aplikasi / Hubungi

    E-mail: ._________ aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    WhatsApp ____________________ + 447723553516

    ReplyDelete

Powered by Blogger.