Header Ads

DOB KOTA SEBATIK HANYA MENUNGGU PP BARU

GAMBAR : PETA PULAU SEBATIK
SEBATIK – Perbatasan Pulau Sebatik sangat berperan penting sebagai simbol kunci kedaulatan negara Indonesia. Lepasnya Pulau Ligitan dan Sipadan, dan sengketa  Blok Ambalat menjadi pelajaran terpenting bagi negara Indonesia.

Pulau Sebatik yang dinyatakan sudah siap menjadi DOB terdiri dari lima kecamatan, yaitu Kecamatan Sebatik, Kecamatan Sebatik Barat, Kecamatan Sebatik Tengah, Kecamatan Sebatik Utara, dan Kecamatan Sebatik Timur.

DOB Kota Sebatik direncakan akan menjadi daerah otonomi ke enam di Provinsi Kalimantan Utara setelah Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Dan Kabupaten KTT.

Asisten I Kabupaten Nunukan Abidin Tajang mengatakan bahwa Draf RUU (Rencana Undang-Undang) DOB Kota Sebatik saat ini sudah berada di meja Kemeterian Dalam Negeri, pengesahan DOB Kota Sebatik masih menunggu Peraturan Pemerintah (PP) baru yang akan keluar dan ada kemungkinan DOB Kota Sebatik akan terlampir di dalam PP tersebut karena DOB Kota Sebatik masih dalam prioritas.

“DOB Kota Sebatik itu hanya menunggu PP baru keluar yaitu PP pengganti. PP Nomor 78 Tahun 2008 itu dasar pembentukan DOB Kota Sebatik, karena PP Nomor 78 Tahun 2008 itu adalah PP-nya UU Nomor 32 sedangkan PP yang baru untuk UU Nomor 23 belum keluar,” Ujarnya.

Tambahnya, Abidin Tajang tetap optimis DOB Kota Sebatik segera terbentuk, apalagi saat ini Pulau Sebatik sudah ditetapkan menjadi daerah KSN (Kawasan Strategis Nasional).

“Pembetukan Kota persiapan (DOB Kota Sebatik) itukan bukan undang-undang tapi PP karena masih daerah persipaan, nanti statusnya naik menjadi DOB penuh baru di Undang-undangkan oleh komisi dua DPR RI, sekarang DOB Kota Sebatik urusan eksekutif karena masih rencana daerah persiapan sambil menunggu PP keluar. Sebatik itu bisa saja setahun atau dua tahun bahkan bisa saja langsung jadi DOB, kita tunggu saja instruksi dari PP yang keluar,” Ujarnya.

DOB Kota Sebatik sudah lama sekali menjadi aspirasi warga Perbatasan Pulau Sebatik Provinsi Kalimantan Utara, aspirasi inilah yang sangat ditunggu-tunggu warga segera menjadi realitas. Banyak sekali pejabat teras pusat yang berkunjung ke Pulau Sebatik dan selalu mengatakan bahwa Pulau ini layak untuk dimekarkan menjadi DOB demi eksistensi NKRI HARGA MATI. (Yasir/ Naufal)

No comments

Powered by Blogger.