Header Ads

PULAU SEBATIK MASUK 7 PERBATASAN NEGARA TERUNIK DI DUNIA

Gambar : Rumah warga di perbatasan Pulau Sebatik

SEBATIK –  Tujuh perbatasan negara terunik di dunia versi “On The Spot”, yakni Perbatasan Baarle Nassau dan Baarle Hertog (Belanda dan Belgia), Pulau Sebatik (Indonesia dan Malaysia), Derbi Line dan Vermont (Amerika dan Kanada), Kota Coita (Spanyol dan Maroko), Distrik Cooch-Behar (India dan Bangladesh), Sungai Tumen (Korea Utara, Cina, dan Rusia), dan Gunung Everst (Cina dan Tibet).

Pulau Sebatik berada diurutan kedua dari tujuh perbatasan negara terunik di dunia. Wilayah Pulau Sebatik terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian selatan milik Republik Indonesia dan bagian utara milik Kerajaan Malaysia. Luas wilayah Sebatik Indonesia ± 247,47 KM2, sedangkan luas wilayah Sebatik Malaysia ± 187,23 KM2. Wilayah Pulau Sebatik berbatasan langsung dengan negara Malaysia baik darat, laut, maupun udara.

Beberapa rumah warga di perbatasan Pulau Sebatik terbelah menjadi dua negara, yakni ruang tamu masuk wilayah negara Indonesia, sedangkan dapurnya masuk wilayah negara Malaysia. Rumah panggung suku Bugis ini sudah berdiri sejak puluhan tahun, rumah ini terletak persis berada digaris patok perbatasan negara Indonesia-Malaysia, yakni patok 3 di Desa Aji Kuning, Kecamatan Sebatik Tengah, Pulau Sebatik, Provinsi Kalimantan Utara.

Jumlah penduduk Pulau Sebatik 47.709 Jiwa. Sebagian masyarakatnya mencari nafkah di Kota Tawau (Negara Bagian Sabah, Malaysia). Masyarakat perbatasan ini bekerja pada sektor perdagangan, yakni keluar negeri (Kota Tawau Malaysia) dipagi hari dan kembali ke tanah air (Sebatik Indonesia) disore hari.

Di pulau tapal batas ini (Pulau Sebatik) ada dua mata uang yang berlaku di masyarakat, yakni Ringgit Malaysia dan Rupiah Indonesia. Kebutuhan masyarakat perbatasan Pulau Sebatik mayoritas disuplai dari luar negeri, yakni dari Kota Tawau Malaysia.

Loga bicara warga perbatasan Pulau Sebatik adalah percampuran antara dialek Melayu dengan Bugis. Tidak heran jika mayoritas penduduk Pulau Sebatik dan Kota Tawau Malaysia adalah suku Bugis. (Naufal)

5 comments:

  1. Dearest Esteems,

    We are Offering best Global Financial Service rendered to the general public with maximum satisfaction,maximum risk free. Do not miss this opportunity. Join the most trusted financial institution and secure a legitimate financial empowerment to add meaning to your life/business.

    Contact Dr. James Eric Firm via
    Email: fastloanoffer34@gmail.com
    Best Regards,
    Dr. James Eric.
    Executive Investment
    Consultant./Mediator/Facilitator

    ReplyDelete
  2. nama.jurjanbude.
    negara:indonesia
    jenis kelamin.:pria
    pekerjaan.:::::bisnis
    WhatsApp.(*(*)*)* +447723553516
    Daftar Sekarang :(aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

    BAGAIMANA CARA MENGETAHUI KREDIT PINJAMAN YANG PALSU
    Peminjam palsu tidak perlu meminta jaminan dan tidak ada situs web.Peminjam palsu tidak memiliki sertifikat bisnis. Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk pinjaman.Peminjam palsu tidak menggunakan gmail, tidak ada domine.Peminjam palsu tidak memiliki alamat kantor fisik.Pemberi pinjaman palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya trans.AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM adalah pemberi pinjaman uang yang sah dan memiliki reputasi baik. Mereka meminjamkan uang kepada perusahaan besar dan pabrik yang membutuhkan dukungan keuangan, mereka memberikan pinjaman kepada orang-orang yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan mereka untuk berinvestasi dalam bisnis. Jadi, apakah Anda mencari pinjaman mendesak? Anda tidak perlu khawatir karena Anda berada di tempat yang tepat kami menawarkan pinjaman dengan suku bunga rendah 1% jadi jika Anda membutuhkan pinjaman.saya mendapat pinjaman 2 miliar untuk membayar hutang saya dan melakukan bisnis saya. mohon, berhati-hatilah di sini di blog ini, jangan mencari pinjaman dari pemberi pinjaman yang tidak memiliki situs web yang diverifikasi. Saya akan menipu 3 kali oleh pemberi pinjaman palsu. semoga allah membantu Anda.
    Email;jurjanibude0811@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  4. Data pribadi
    negara Indonesia
    Nama: Arif Hidayat
    Alamat: Jl.ds.lamangkona tawaeli
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp30 juta dari AVANT Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. AVANT Loan telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Deborah bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya menyerahkan tambahan Rp250 juta setelah melalui proses hukum saya. pinjaman disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 2 jam di rekening bank BCA saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Bu Deborah dan tim manajemen pinjaman terbatas Avant telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Avant Loans Limited hari ini dan selalu
    e_mail: [avantloanson@gmail.com]

    WhatsApp: +6281334785906

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.