Header Ads

HKMS-YK MENGADAKAN PELATIHAN PEMBUATAN BLOG JILID 1

PESERTA PELATIHAN PEMBUATAN BLOG
YOGYAKARTA - Himpunan Keluarga Mahasiswa Sebatik (HKMS) Yogyakarta mengadakan pelatihan pembuatan Blog Jilid I. Kegiatan ini dilaksanakan di Hall Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Sabtu (28/1). Blog atau web log saat ini sangat diminati oleh mahasiswa dan para penulis untuk  mempublikasi informasi melalui intenet.  Bahkan, di era globalisasi seperti saat ini, blog sudah menjadi trant dan sumber pendapatan para blogger.

Dalam sambutan Ketua HKMS Yogyakarta Surya Nur, berpesan agar para anggota HKMS untuk terus berlatih dan semangat belajar membuat blog.

“Dengan adanya pelatihan ini, saya berharap kepada teman-teman untuk mengikuti kegiatan ini dengan niat yang baik dan bersungguh-sungguh. Harapannya teman-teman tidak hanya belajar untuk saat ini saja, melainkan setelah ini dicoba terus menerus. Jika di ibaratkan benda tajam, kalau di asa terus menerus maka dia akan semakin tajam”. Ujarnya. Sabtu (28/1).
 
Tambahnya, Surya mengatakan bahwa kehidupan mahasiswa saat ini tidak terlepas dari saling berbagi informasi.
 
"yang tidak kalah pentingnya zaman sekarang ini menunjukkan bahwa kehidupan kita khususnya mahasiswa, blog adalah salah satu fundamental untuk kita saling berbagi informasi ". Ujarnya.
 
Menurut Choirul Fuadi, salah satu pengarang buku “Mahasiswa Setengah Blogger” yang menjadi narasumber dalam pelatihan ini mengatakan, bahwa untuk membuat blog harus memiliki akun email gmail.

Untuk tahapan pembuatan profil bloger, yakni mengunjungin situs www.blogger.com, kemudian masukkan akan email gmail dan ketik password. Setelah itu, kita akan diminta untuk memilih profil blog yaitu Profil Google+ atau Profil Blogger dan silakan klik “Buat Profil Google+”. Setelah itu, ikuti langkah-langkahnya hingga selesai.
 
Setelah selesai mengisi data Google+ kemudian klik “Lanjutkan ke Blogger”, berikut akan muncul tampilan dan silakan klik buat “Blog Baru”, kemudian kita menentukan judul blog. Dalam menentukan judul blog, tulislah nama blog, misalkan nama lengkap, nama organisasi, atau nama toko online. Kemudian menentukan alamat blog yang digunakan untuk mengakses blog. Kemudian pilih template, dan langkah terakhir klik “Buat blog”.
 
Blog sebaai media publikasi sangat erat dengan kehidupa mahasiswa. Ilmu-ilmu yang didapat dikampus dapat dirangkum dan ditulis sebagai perpustakaan online, berbagi ilmu pengetahuan, dan passive income. (Naufal)

No comments

Powered by Blogger.