Header Ads

ANGGOTA DPD RI : GURU DI PERBATASAN PULAU SEBATIK BUTUH PEMBINAAN

GAMBAR : ANGGOTA DPD RI K. H. MUSLIHUDDIN ABDURRASYID, LC., M.PdI
JAKARTA – Wilayah perbatasan Pulau Sebatik masih dihadapkan dengan berbagai problem pendidikan. Kurangnya perhatian pemerintah terhadap pendidikan di daerah perbatasan Pulau Sebatik Provinsi Kalimantan Utara membuat pemerhati pendidikan dan juga Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Dapil Kaltim Kaltara) K. H. Muslihuddin Abdurrasyid, Lc., M. PdI angkat bicara.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada Pasal 10 Ayat (1) mengatakan bahwa “kompetensi guru meliputi kompotensi pedagogik, kompotensi kepribadian, kompotensi sosial, dan kompotensi profesional yang diproleh melalui pendidikan profesi”.

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
 
Kompetensi kepribadian adalah kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.
 
Kompetensi sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.
 
Kompetensi profesional adalah penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.
 
Anggota DPD RI, K. H. Muslihuddin Abdurrasyid, Lc., M. PdI mempertanyakan komitmen pemerintah untuk meningkatkan kompotensi guru di Perbatasan Pulau Sebatik.
 
“Perlu adanya pembinaan guru di Perbatasan Pulau Sebatik. Bahkan ada guru selama 15 tahun belum pernah mendapatkan pembinaan. Ini parah sekali, seharusnya guru mendapatkan pembinaan setidaknya 6 bulan sekali.” Ujar saat ditemui di Gedung DPD RI. Senin (6/2).
 
Tambahnya, Pulau Sebatik saat ini sudah diminati oleh anak TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dari Malaysia untuk mendapatkan akses pendidikan.
 
“Perbatasan Pulau Sebatik sudah ramai didatangi oleh anak TKI untuk mendapatkan pendidikan. Ini peluang pemerintah untuk lebih memperhatikan pendidikan di Perbatasan. Guru di daerah ini adalah ujung tombak pendidikan”, Ujarnya.
 
Perbatasan Pulau Sebatik adalah garda terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Generasi Perbatasan Pulau Sebatik adalah cermin untuk Indonesia dimasa akan yang akan datang. (Naufal)

1 comment:

  1. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.