Header Ads

GUNUNG DELI BISA MENJADI ICON BARU DI PULAU SEBATIK

GAMBAR : ILUSTRASI "WELCOME TO SEBATIK"
SEBATIK – Saat ini, sektor pariwisata menjadi kontributor besar bagi ekonomi sebagian besar negara, salah satunya Indonesia. Sektor ini secara langsung mampu menyentuh dan melibatkan masyarakat, sehingga membawa berbagai manfaat terhadap masyarakat setempat.

Pulau Sebatik yang terletak di wilayah Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, memiliki potensi yang kaya dengan objek wisata. Bahkan, pulau ini sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai pulau terluar dan pulau terdepan di Indonesia. Ironnya, hingga saat ini sektor pariwisata di pulau ini belum dioptimalkan, sehingga menjadi sorotan masyarakat Pulau Sebatik.

Minimnya perhatian pemerintah terhadap sektor pariwisata di Pulau Sebatik, juga dikeluhkan Kepala Desa Liang Bunyu, Kecamatan Sebatik Barat, Mansur. Ia mengatakan, Pulau Sebatik memiliki sebuah gunung yang bisa dijadikan sebagai obek wisata baru, yaitu Gunung Deli (Desa Liang Bunyu).

“Kita berharap pemerintah bisa memberikan perhatian lebih untuk sektor pariwisata. Di Pulau Sebatik ada sebuah gunung, namanya Gunung Deli dan itu bisa dijadikan objek wisata. Di gunung itu bisa kita buat tulisan “Welcome To Sebatik”. Ujarnya. Sabtu (11/3).

Tambahnya, Jika di Gunung Deli sudah terpasang tulisan “Welcome To Sebatik”, maka akan buat tangga-tangga kecil, sehingga wisawatan dengan mudah menuju kepuncak gunung tersebut.

Dari puncak Gunung Deli, wisatawan bisa melihat pemandangan yang sangat, indah, eksotis, dan lautan luas. Bahkan, dari puncak Gunung Deli wisatawan bisa melihat sebagian wilayah Pulau Sebatik, semua wilayah Pulau Nunukan, dan sebagian daratan wilayah Pulau Kalimantan.

Tidak hanya itu, jika Gunung Deli dijadikan sebagai objek wisata, maka akan menjaga kelestarian hutan digunung tersebut yang semakin memprihatikan, bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan bisa membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat setempat. (Naufal).

No comments

Powered by Blogger.