Header Ads

HKMS YK MENGADAKAN PELATIHAN DESAIN BLOG JILID 2

GAMBAR :PENYERAHAN SERTIPIKAT DARI ANGGOTA HKMS BAHARUDDIN KEPADA PEMATERI AGUNG PRASETYO
YOGYAKARTA – Di era globalisasi seperti saat ini, mengharuskan manusia untuk hidup menggunakan teknologi, salah satunya blog. Tak ingin ketinggalan dalam hal teknologi, Himpunan Keluarga Mahasiswa Sebatik (HKMS) Yogyakarta mengadakan “Pelatihan Desain Blog Jilid 2”, dengan pemateri Blogger Agung Prasetyo, S.S yang juga pengarang buku “Mahasiswa Setengah Blogger”. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Sabtu (25/2).

Kegiatan ini adalah rangkaian dari “Pelatihan Pembuatan Blog Jilid 1” yang telah dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2017 di Hall Rektorat UNY, dengan menghadirkan pemeteri Blogger Choirul Fuadi, S.Pd.I.

Menurut Agung Prasetyo, berbagai manfaat dari blog organisasi, yakni sebagai publikasi acara seperti upcoming event, undangan, dan pengumuman, sebagai ulasan kegiatan seperti berita hasil kegiatan, sebagai penyimpan berkas administrasi, sebagai galeri abadi, sebagai profil organisasi, sebagai wujud eksistensi organisasi, dan sebagai pemuat seperti profil pengurus, surat pembaca, testimoni, kritik, prestasi, tokoh, dan kabar desa atau kabar organisasi.

Ia juga mengatakan bahwa, template digunakan untuk merubah tampilan blog. Untuk template organsasi biasa menggunakan seperti responsive, slide, dan dua kolom. Sedangkan situs untuk download template, yaitu premiumbloggertemplates.com, btemplates.com, soratemplate.com, templateism.com, mybloggerthemes.com, sugeng.id, dan arlinadzgn.com.

Untuk cara merubah tampilan blog atau edit template, yaitu "unggah template", kemudian klik “template”, kemudian klik “cadangkan atau pulihkan”, kemudian klik “choose file”, dan kemudian diakhiri dengan klik “unggah”.

Pelatihan desain ini juga memberikan wawasan tentang pengaturan tambahan yang ada di blog seperti cara menganti judul blog dengan gambar, cara menghilangkan navbar, cara mengganti favicon atau logo blog, cara mengganti alamat blog jika diperlukan, cara menambah admin jika blog yang dikelola bersama seperti blog organisasi atau blog media berita, dan cara mengatur zona waktu.

Untuk cara menganti favicon atau logo blog, yaitu dengan cara  mengunjungi situs http://www.favicon-generator.org/, kemudian “upload”, kemudian download “file .ico”, dan upload di “favicon blog”.

Blog juga bisa dikoneksikan ke gadget sosial media seperti Fanpage Facebook, Instagram, Google+, dan Twitter. Tujuan gadget sosial media, yakni pengunjun dapat Like atau Follower, follower bisa mendapat kiriman pos terbaru, dan jika pengunjung blog meningkat akan menjadi viral.

Cara membuat Fanpage Facebook, yaitu “Login Facebook”, kemudian klik “Membuat Fanpage” atau klik “tanda panah bawah kanan atas”, kemudian ikuti petunjuk sampai selesai. Sedangkan cara menambahkan blog ke gadget Fanspage Facebook, yaitu kunjungi https://developers.facebook.com/docs/plugins/page-plugin, kemudian “Paste URL Fanpage”, kemudian  klik “Get Code”, kemudian "Masuk Ke Blogger”, kemudian "Tata Letak", kemudian klik “Tambah Gadget”, kemudian klik “Javacript/HTML”, kemudian Paste Code satu persatu, dan kemudian di akhiri dengan klik “Simpan atau Save”.

Cara menambahkan blog ke gadget Instagram, yaitu “Login Instagram”, kemudian kunjungi “https://lightwidget.com/”, kemudian klik “Log In”, kemudian klik “Get Code”, kemudian “Masuk ke Blogger”, kemudian “Tata Letak”, kemudian klik “Tambah Gadget”, kemudian klik “Javacript/HTML” kemudian Paste Code, dan diakhiri dengan klik “Simpan atau Save”.

Search Engine Optimazation (SEO) terbagi menjadi dua, yakni “On Page” dan “Off Page”. “On Page” dapat menambah laman seperti privacy, disclaimer, sitemap, dan link. Sedangkan “Off Page” dapat berupa submit ping, back link forum, dan komentar. Untuk teknik penulisan yang SEO, yaitu kesamaan antara judul blog, alamat blog, judul artikel, sub judul, dan konten, kesamaan link antar artikel, dan SEO gambar seperti rename dan alt image.

Salah satu peserta Sul Afiqah mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasannya, sehingga saat ini ia sudah bisa mengelolah blognya dengan sendiri.

“Pelatihan ini sangat bagus karena bisa membuka dan meluaskan pemahaman saya tentang blog. Jujur saja, saya pertamanya tidak mengerti tentang blog. Alhamdulillah…sekarang saya sudah bisa membuat dan menggelolah blog pribadi saya”, Ujarnya. Sabtu (25/2).

Tips untuk menentukan domain, yaitu gunakan nama domain sesuai tema blog, gunakan nama domain sama dengan judul blog, gunakan domain yang familiar, gunakan domain yang singkat dua sampai tiga suku kata agar mudah diingat, jika blog pribadi gunakan nama kita sendiri misalkan namaanda.com, jika nama lembaga gunakan nama lembaga atau organisasi sebagai domain, dan jika blog membahas satu topik  atau niche blog maka gunakan niche tersebut sebagai domain.

Jenis domain pada blog dapat berupa .com, .net, .info, .web.id, .org, or.id, co.id, dan sebagainya. Sedangkan untuk membeli domain bisa di “Idwebhost”. (Naufal)

No comments

Powered by Blogger.