Header Ads

MAHASISWA MERESPON PEMBANGUNAN BANDARA SEBATIK

GAMBAR : AHMAD SAH
YOGYAKARTA – Rencana pembangunan Bandara Sebatik tentu menjadi kabar gembira bagi masyarakat perbatasan. Pembangunan bandara ini akan dibangun di Desa Balansiku Kecamatan Sebatik, lokasi pembangunan telah ditinjau langsung oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Irionto Lambrie.
 
Melihat kondisi geografis Pulau Sebatik sebagai daerah perbatasan dan daerah terluar Indonesia yang jauh dari keterjangkauan, bandara merupakan moda transportasi yang bisa dikembangkan di pulau ini.

Pembangunan bandara ini diharapkan mampu membuka keterisolasian Pulau Sebatik dari daerah lain, mempercepat arus lalu lintas, membuka lapangan pekerjaan, membuka lapangan usaha baru, memacu peningkatan ekonomi masyarakat perbatasan, mengurangi ketergantungan kebutuhan pokok masyarakat masyarakat Sebatik dari Malaysia, dan Pulau Sebatik dapat menjadi wisata baru di Indonesia.
 
Anggota Himpunan Keluarga Mahasiswa Sebatik (HKMS) Yogyakarta Ahmad Sah mengatakan, Masyarakat Sebatik telah mempersiapkan Sumber Daya Manusisa (SDM) untuk bekerja di bandara tersebut sesuai dengan jurusan. Ia juga berharap kepada pemerintah untuk lebih memprioritaskan putra daerah Sebatik untuk mengabdi di tanah kelahirannya.

“Ada banyak putra daerah Sebatik yang menimba ilmu dengan mengambil Jurusan Transportasi Udara dan Jurusan Teknik Penerbangan di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Ini tentunya kabar baik untuk putra daerah, jika selesai kuliah mereka tidak kewalahan lagi untuk mencari kerja sesuai dengan jurusan mereka,” Ujarnya Anggota Bidang Kajian Strategis HKMS Yogyakarta. Selasa (21/3).
 
Tambahnya, dengan adanya pembangunan bandara di Pulau Sebatik merupakan langkah awal yang baik bagi putra daerah dengan jurusan tersebut untuk  mengabdi di daerahnya.

“Saat ini banyak putra daerah dengan lulusan jurusan tersebut lebih memilih untuk bekerja di daerah lain dengan alasan Sebatik tidak memiliki bandara udara,” Ujarnya mahasiswa Jurusan Transpotasi Udara.
 
Pembangunan bandara ini direncanakan akan dibangun pada tahun depan, yakni tahun 2018. Sedangkan, Presiden Jokowi berharap agar pembangunan bandara Sebatik segera diselesaikan sehingga memperlancar konektivitas antardaerah di tanah air. (Naufal)

No comments

Powered by Blogger.