Header Ads

MENTERI PERTANIAN KAGET ADA KELAPA PANDAN DI SEBATIK


GAMBAR : MENTERI PERTANIAN DI SEBATIK

SEBATIK – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke perbatasan Pulau Sebatik, Provinsi Kalimantan Utara, Senin (23/10). Tujuan dari kunjungan kerja adalah untuk memastikan Sebatik menjadi lumbung pangan nasional sesuai dengan program nawacita pemerintahan.

Ada yang unik dari kunjungannya, Menteri Pertanian merasa kaget karena ia melihat secara langsung adanya Kelapa Pandan tumbuh di Pulau Sebatik. Jenis kelapa ini memiliki kualitas rasa yang lebih enak dan tidak kalah dengan kelapa luar negeri.
 
“Kami cari ini di Malaysia, kami cari ke Vietnam, rupanya ada disini jauh lebih enak dari pada kelapa vietnam,” Ucap Menteri Pertanian, dikutip dari Pertanian.co.id.

Menteri Pertanian langsung mengintruksikan dengan sangat tegas kepada Direktur Jendral (Dirjen) di Kementerian Pertanian dan Pemerintah Daerah untuk mengembangkan Kelapa Pandan ini menjadi komoditas unggulan. Ia merasa yakin dan optimis bahwa Kelapa Pandan ini mampu bersaing dipasar internasional.

“Kembangkan sebesar-besarnya. Saya ingin mendengar ini bisa masuk ke Singapura, Malaysia, dan mengalahkan pasar kelapa dari vietnam,” Ujarnya.

Menteri juga sangat berharap, agar kelapa ini segera dikelola dengan baik karena menjadi bisnis yang sangat mengiurkan di pangsa pasar internasional. Bahkan di Eropa, kelapa ini dijual dengan harga yang sangat fantastis.

Selain itu, petani diharapkan menanam komuditi Kelapa Pandan, sehingga dapat dikembangkan dan Sebatik dapat menjadi pusat sentral. (Naufal)

No comments

Powered by Blogger.