Header Ads

INI PINTU MASUK DAN KELUAR PULAU SEBATIK

SEBATIK – Pulau Sebatik adalah pulau berada di Provinsi Kalimantan Utara. Pulau ini merupakan pulau perbatasan dan pulau terluar Indonesia. Selain itu, pulau ini juga terkenal dengan objek wisatanya seperti wisata perbatasan, pantai, buah, dan alam. Bahkan, mayoritas warga negara Indonesia dan warga negara asing menggunakan jalur Sebatik untuk masuk dan keluar Indonesia.

Bagi anda yang suka berwisata, traveling, berpetualangan, dan lain-lain di Pulau Sebatik, ini jalur resmi yang dapat anda gunakan.

Pelabuhan Sungai Nyamuk
Pelabuhan Sungai Nyamuk adalah pelabuhan yang melayani jalur Sebatik-Tarakan atau Tarakan-Sebatik. Jarak tempuh kedua pelabuhan ini kurang lebih 2 sampai 3 jam. Selain itu, pelabuhan ini juga melayani Sebatik (Indonesia)-Tawau (Malaysia) atau Tawau (Malaysia)-Sebatik (Indonesia) dalam keadaan darurat. Jarak tempuh kedua pelabuhan ini kurang lebih 15 menit.

Pelabuhan Fery Liang Bunyu
Pelabuhan Fery Liang Bunyu adalah pelabuhan khusus kapal fery yang melayani jalur Sebatik-Nunukan atau Nunukan-Sebatik dan Sebatik-Tarakan atau Tarakan-Sebatik. Pelabuhan ini juga digunakan untuk mengangkut roda dua, roda empat seperti mobil, trak, pick up, hasil pertanian, hasil laut, dan lain-lain. Jarak tempuh kedua pelabuhan antara Sebatik-Nunukan atau sebaliknya kurang lebih 20 menit, sedangkan jarak tempuh antara Sebatik-Tarakan atau sebaliknya kurang lebih 8 jam.

Pelabuhan Binalawan
Pelabuhan Binalawan adalah pelabuhan yang melayani khusus Binalawan (Sebatik)-Sungai Jepun (Nunukan) atau khusus Sungai Jepun (Nunukan)-Binalawan (Sebatik). Pelabuhan ini juga digunakan untuk melayani pasien rujukan dari Sebatik ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nunukan serta digunakan untuk mengangkut roda dua seperti motor. Pelabuhan ini beroperasi hampir 24 jam. Jarak tempuh kedua pelabuhan ini kurang lebih 15 menit.

Pelabuhan Bambangan
Pelabuhan Bambangan adalah pelabuhan yang melayani Sebatik dengan beberapa pelabuhan Nunukan seperti Pelabuhan Sungai Bolong, Pelabuhan Haji Putri, dan lain-lain. Ukuran transportasi yang digunakan di pelabuhan ini adalah speed boat ukuran kecil. Jarak tempuh kedua pelabuhan ini kurang lebih 15 menit.

Inilah empat pelabuhan yang dapat gunakan sebagai pintu masuk dan pintu keluar dari dan menuju Pulau Sebatik. Kehadiran 4 pelabuhan ini membawa dampak kesejahteraan dan kemajuan untuk Pulau Sebatik. (Naufal)

No comments

Powered by Blogger.