Header Ads

RUMAH 2 NEGARA DI PULAU SEBATIK

SEBATIK - Pulau Sebatik merupakan wilayah perbatasan antara Republik Indonesia dengan Kerajaan Malaysia. Pulau yang berada di Provinsi Kalimantan Utara ini memiliki banyak keunikan dan juga keistimewaan seperti pulau perbatasan terunik di dunia, berlaku dua mata uang yaitu Rupiah Indonesia dan Ringgit Malaysia, sebagian wilayah Pulau Sebatik milik Malaysia dan Indonesia, ada 18 patok perbatasan yang memisahkan kedua pulau ini, miliki kebudayaan yang sama karena dihuni oleh suku yang sama, yaitu Bugis.

Tak hanya itu, keunikan lain dari Sebatik adalah terdapat objek wisata "Rumah 2 Negara". Di mana "Rumah 2 Negara" ini merupakan satu rumah yang sebagian wilayahnya (teras, ruang tamu, dan kamar tidur) berada di wilayah Indonesia, sedangkan sebagian lagi (ruang keluarga, dapur, dan tempat menjemur pakaian) milik Malaysia.

“Rumah 2 Negara” ini milik pria kelahiran Bone (Sulawesi Selatan) yang telah menjadi warga Sebatik, yaitu Bapak Daeng Mapangara. Rumah ini dibangun pada tahun 1977 dan jika berwisata ke rumah ini tidak dipungut biaya (gratis). Sudah begitu banyak wisatawan yang telah mengunjungi “Rumah 2 Negara” ini, mulai dari pejabat negara seperti Presiden Jokowi, menteri, pejabat tinggi militer, hingga warga sipil dari berbagai daerah. (Yasir)

No comments

Powered by Blogger.