Header Ads

DAFTAR BAKAL CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI NUNUKAN 2020

GAMBAR : BAKAL CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI NUNUKAN
SEBATIK – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak se-Indonesia Tahun 2020 semula direncanakan pada 9 September 2020 akan diundur menjadi 9 Desember 2020. Diundurnya Pilkada ini, disebabkan adanya pandemi Covid 19 (Corona Virus Disease 2019). Pilkada serentak ini akan dilaksanakan di 270 daerah dengan rincian 9 Provinsi, 224 Kabupaten, dan 37 Kota. Pilkada serentak ini termasuk akan dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Utara dan Kabupaten Nunukan.

Dalam Pilkada di Indonesia, calon kepada daerah dapat memilih jalur partai atau jalur independen (non partai). Untuk di Kabupaten Nunukan hanya 10 partai yang berhasil mempunyai kursi perwakilan di DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) dari 25 jumlah kursi yang ada, yaitu Partai Hanura dengan 7 kursi, Partai Demokrat dengan 5 kursi, PKS dengan 4 kursi, Partai Golkar dengan 2 kursi, PDIP dengan 2 kursi, Partai Gerindra dengan 1 kursi, Partai Nasdem dengan 1 kursi, Perindo dengan 1 kursi, PPP dengan 1 kursi, dan PBB dengan 1 kursi. Sedangkan untuk jalur independen di Kabupaten Nunukan dipastikan tidak ada, karena sesuai dengan tahapan Pilkada untuk jalur pendaftaran ini telah ditutup oleh KPUD Nunukan sejak 23 Februari 2020.

Berdasarkan data yang terhimpun, beberapa partai yang membuka pendaftaran bakal calon kepada daerah adalah Partai Demokrat, PKS, PDIP, Partai Gerindra, Partai Nasdem, dan Perindo. Beberapa tokoh yang mendaftar dengan jalur partai, yaitu di Partai Demokrat ada H. Danni Iskandar, H. Basri, dan Hj. Asmin Laura Hafid, di PKS ada H. Basri, H. Danni Iskandar, H. Mashur Bin Mohd Alias, dan Muhammad Nasir, di Partai Gerindra ada H. Danni Iskandar, H. Basri, dan Hj. Asmin Laura Hafid, di PDIP ada Hj. Asmin Laura Hafid, H. Danni Iskandar, H. Basri, dan H. Mashur Bin Mohd Alias, di Partai Nasdem ada Hj. Asmin Laura Hafid, H. Basri, H. Danni Iskandar, dan H. Mashur Bin Mohd Alias, dan di Perindo ada Hj. Asmin Laura Hafid, dan H. Basri.

Berikut ini daftar Bakal Calon Bupati Nunukan Tahun 2020

Hj. Asmin Laura Hafid, SE., MM
Gambar : Hj. Asmin Laura Hafid
Hj. Asmin Laura Hafid merupakan Bupati Nunukan saat ini. Ia akrab dengan sapaan Hj. Laura, dan lahir di Tawau (Malaysia) 10 Agustus 1985. Ia merupakan putri dari Bupati pertama Kabupaten Nunukan dengan 2 periode (periode 2001-2006 dan periode 2006-2011) H. Abdul Hafid Achmad. Sebelum menjadi Bupati ia merupakan anggota DPRD Provinsi 2 periode, Periode 2009-2014 Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur dari PBB dan periode 2014-2019 Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara dari Partai Hanura. Ia mulai terjun di Pilkada Nunukan 2011 dengan berpasangan Anggota DPRD Kabupaten Nunukan dapil 3 saat itu, Karel Sompotan. Pasangan Laura-Karel ini diusung PBB, Partai Demokrat, dan PAN. Namun, hasil pemilu tersebut dimenangkan oleh H. Basri sebagai Bupati dan Hj. Asmah Gani sebagai Wakil Bupati. Namun, pada Pilkada Nunukan 2015, Hj. Asmin Laura Hafid kembali mencalon diri dan ia berpasangan dengan H. Faridil Murad dengan diusung oleh Hanura, PKS, dan PDIP. Pasangan ini berhasil memenangkan Pilkada tersebut dengan kemenangan 42,24%.

Drs. H. Basri, M.Si
Gambar : H. Basri
H. Basri merupakan Bupati Nunukan periode 2011-2016. Ia lahir di Maros (Sulawesi Selatan) 31 Juli 1966. Sebelum menjadi Bupati Nunukan ia adalah Dandim Nunukan. Saat Pilkada Nunukan 2011, ia berpasangan dengan Hj. Asmah Gani diusung oleh PKS, Partai Gerindra, dan Partai Golkar. Pasangan Basri-Asmah berhasil memenangkan Pilkada tersebut dengan kemenangan 44,02%. Namun, pada Pilkada Nunukan 2015 ia berpasangan dengan Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara saat itu, Pdt Yefta Berto. Pasangan Basri-Yefta hanya diusung oleh Partai Demokrat, namun hasil pemilu tersebut dimenangkan oleh Hj. Asmin Laura Hafid sebagai Bupati dan H. Faridil Murad sebagai Wakil Bupati.

H. Danni Iskandar
Gambar : H. Danni Iskandar
H. Danni Iskandar akrab dengan sapaan, H. Danni. Ia lahir di Nunukan. Saat ini ia adalah Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Nunukan dan anggota DPRD Kabupaten Nunukan 2 periode. Pada Periode 2014-2019 ia adalah Ketua DPRD Kabupaten Nunukan dan Periode 2019-2024 ia adalah Anggota DPRD Kabupaten Nunukan dan Ketua Fraksi Partai Demokrat. Sebelum terjun ke dunia politik, ia adalah pengusaha.
 
H. Mashur Bin Mohd Alias, SH., M.Si
Gambar : H. Mashur Bin Mohd Alias
H. Mashur Bin Mohd Alias akrab dengan sapaan H. Mashur dan lahir 11 Februari 1967. Ia pernah tinggal dan bersekolah di Malaysia. Ia mempunyai latar belatar belakang Pengusaha dan menjadi staf ahli Kementerian Kehutanan. Ia aktif di beberapa organisasi seperti, PB Kebugis (Pengurus Besar Keluarga Sidenreng Rappang), Asosiasi Gaharu, Staf Ahli INKOPAD (Induk Koperasi TNI Angkatan Darat, Pengurus KADIN (Kamar Dagang Industri), dan Staf Ahli Perum Perhutani. Pada Pilkada Nunukan 2006, ia berpasangan dengan Pdt Yefta Berto dan diusung koalisi Partai Demokrat, Partai Pelopor, PKPI, PDS, PBR, dan PDK. Namun, pasangan Mashur-Yefta gagal memenangkan Pilkada tersebut dan hanya mampu menempati di urutan ketiga. Kemudian pada Pilkada Nunukan 2015, Ia berpasangan dengan mantan Camat Krayan Selatan, Selutan Tadem dengan jalur independen. Namun, hasil pilkada tersebut tidak dapat di menangkan oleh pasangan Mashur-Selutan dan hanya mampu berada di urutan ke empat dengan jumlah pemilih sebanyak 7.936 suara atau 9,31%.

Berikut ini daftar Bakal Calon Wakil Bupati Nunukan Tahun 2020

Muhammad Nasir, S.Pi., MM
Gambar : Muhammad Nasir
Muhammad Nasir akrab dengan sapaan, Nasir. Ia dan lahir di Gowa. Saat ini ia adalah Ketua DPW PKS Provinsi Kalimantan Utara dan anggota DPRD 3 periode. Pada Periode 2009-2014 dan Periode 2014-2019 ia adalah anggota DPRD Kabupaten Nunukan, sedangkan Periode 2019-2024 ia adalah Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara. Saat menjadi mahasiswa, ia aktif di pergerakan mahasiswa di Universitas Mulawarman (Unmul) Samarindra, baik organisasi internal maupun eksternal kampus seperti BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dan KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia). Berdasarkan hasil analisis MSCI (Media Survey Center Indonesia) bahwa Muhammad Nasir adalah Calon Wakil Bupati yang memiliki elektabilitas dan kadidat paling populer tertinggi di Kabupaten Nunukan. Kemudian berdasarkan hasil rapat konsolidasi internal PKS pada 04 Juni 2020, ada 4 (empat) poin hasil rapat tersebut salah satunya menentapkan Muhammad Nasir sebagai Calon Wakil Bupati Nunukan.

Hj. Nursan, SH
Gambar : Hj. Nursan
Hj. Nursan akrab dengan sapaan, Bu Aji. Ia lahir Wajo (Sulawesi Selatan). Saat ini ia adalah Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Nunukan dan anggota DPRD 3 periode dapil Sebatik. Ia mulai menjadi anggota DPRD Kabupaten Nunukan sejak 2009 hingga saat ini. Ia juga pernah menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nunukan periode 2014-2019. Saat menjadi mahasiswa, ia aktif di pergerakan mahasiswa di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. Sebelum terjun ke dunia politik, ia adalah guru ngaji dan pengusaha, serta aktif di beberapa organisasi seperti LBH (Lembaga Bantuan Hukum), KKSS (Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan). Selain itu, ia juga merupakan tokoh paling populer di Pulau Sebatik.

H. Hanafiah, SE., M.Si
Gambar : H. Hanafiah
H. Hanafiah merupakan ASN (Aparat Sipil Negara) di Kabupaten Nunukan. Beberapa jabatan yang ia pernah jabat di pemerintahan adalah Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Nunukan, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Nunukan, Kepala Dinas Perhubungan, Asisten I Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Nunukan, dan saat ini ia menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Nunukan. Ia juga merupakan Ketua Umum PD IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Nunukan.

Suksesi pemilihan kepala daerah ini merupakan wujud nyata sistem demokrasi di Indonesia. Esensi dari demokrasi adalah kebebasan, baik untuk berpendapat termasuk juga memilih. Para kandidat bakal calon adalah aktor utama dalam dalam panggung demokrasi, sehingga penting untuk bapak ibu untuk konsisten menjaga roh dari demokrasi itu sendiri. Dinamika politik terjadi hari ini yang menghiasi Pilkada Nunukan adalah sejarah yang akan menjadi warisan untuk generasi selanjutnya. (Yasir)

1 comment:

  1. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.